VISI,MISI DAN TUJUAN SMK AL BASYARIAH

 

A. Visi Sekolah SMK AL Basyariah

Menjadi sekolah yang unggul dalam IMTAQ, pengetahuan, keterampilan, dan berbudaya pada tahun 2020

B. Misi Sekolah

  • Mengembangkan keyakinan semua warga sekolah bahwa sekolah ini dapat berprestasi dan meraih keunggulan kompetitif.
  • Menciptakan kehidupan sekolah yang berbudaya religius dan bermartabat
  • Mememenuhi Standar Kompetensi Lulusan sesuai standar nasional
  • Memenuhi standar kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan hidup siswa pada konteks global.
  • Memenuhi standar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2013 yang sesuai dengan kebutuhan siswa mengembangkan kompetensi yang diperlukannya.
  • Mengembangkan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
  • Memberdayakan sistem penilaian autentik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
  • Menerapkan manajemen perubahan sebagai strategi percepatan pembaharuan sekolah.
  • Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melalui peningkatan keprofesian berkelanjutan.
  • Memenuhi standar sarana dan prasarana secara bertahap dan terukur.
  • Menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
  • Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung keunggulan pembelajaran.
  • Mengembangkan kultur sekolah yang menjaga keamanan fisik, psikologis, social yang sehat, dinamis, dan kompetitif.
  • Menciptakan lingkungan dan budaya yang kondusif untuk indah, nyaman, dan damai sebagai tempat belajar untuk guru, siswa, dan seluruh warga sekolah.
  • Menerapkan sistem pembiayaan sekolah yang transparan dan akuntabel.

 

C.Tujuan Sekolah

    1.Tujuan Umum

Meningkatkan keunggulan  potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

   2. Tujuan Khusus

a. Mewujudkan keunggulan mutu lulusan

  • Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • Berpengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
  • Berketerampilan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret

b. Merumuskan struktur kurikulum

Menyusun struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu siswa kuasai; penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses pengalaman belajar yang efekti

c. Menyelanggarakan Pelayanan Belajar yang efektif

Terselenggara pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan, pelaksanaan  pembelajaran, dan penilaian yang terbarukan melalui kerja sama guru yang pembelajaran  dengan indikator

  • Seluruh guru menyusun RPP yang memenuhi kebutuhan siswa mengembangkan potensi dan prestasinya.
  • Disain pembelajaran pada seluruh mata pelajaran sesuai koteks satuan pendidikan
  • Memenuhi standar proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek)
  • Mendayagunakan sumber belajar yang beragam dengan memanfaatkan data yang terdekat, dari kongkrit sampai yang abstrak.
  • Mendayagunakakan kerja sama intenal dan eksternal sekolah dengan melibatkan orang tua siswa secara bijak.
  • Mengembangkan model penilaian yang mendorong siswa belajar dan bekompeten.

Mengoptimalkan pendayagunaan waktu secara efektif dan efisien.

Meningkatkan keunggulan siswa secara kolaboratif.

Mengevaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.

Mengembangkan inovasi pelayanan belajar sebagai tindaklanjut dari data hasil evaluasi.

d. Melaksanakan penilaian yang efektif.

Terselenggara penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas (a) perbaikan instrument yang mengukur ketercapaian indikator hasil belajar (b) pengelolaan buku nilai guru (c) pengelolaan sistem infomasi penilaian tingkat satuan pendidikan (d) leger (f) buku indik siswa, dan (g) rapot